Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persebaran flora dan fauna di indonesia

PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA.
Halo teman teman kali ini kita akan belajar salah satu materi geografi yaitu persebaran flora dan fauna di indonesia. Tentu saja saya akan menjelaskan satu persatu untuk teman teman.
Langsung saja simak berikut ini :

Persebaran flora di indonesia.



1. Flora sumatra-kalimantan.
    Sebagian besar wilayah sumatra-kalimantan beriklim hutan hujan tropis dikarenakan tingkat kelembapan udara dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Contoh flora khas daerah sumatra-kalimantan adalah tumbuhan meranti berbagai jenis epifit seperti anggrek, berbagai jenis lumut, jamur, paku pakuan dan juga tumbuhan endemik yang langka rafflesia arnoldi.

2. Flora jawa-bali.
     Kondisi iklim pulau jawa sangatlah bervariasi wilayah jawa barat didominasi oleh iklim hutan hujan tropis dan iklim musim tropis semakin kearah timur tipe iklim bergeser ke tipe iklim yang lebih rendah curah hujannya akhirnya ditemui wilayah beriklim sabana tropik. Flora khas hutan musim tropis antara lain pohon jati jenis vegetasi yang mendominasi wilayah jawa bagian timur dan kepulauan bali merupakan vegetasi sabana tropis.

3. Flora kepulauan wallacea.
     Kepulauan wallacea adalah pulau pulau indonesia bagian tengah yaitu pulau sulawesi, kepulauan nusa tenggara, pulau timor, dan kepulauan maluku wilayah ini beriklim lebih kering dan kelembapan udara lebih rendah vegetasi yang terdapat di kepulauan wallacea adalah, sabana tropis wilayah nusa tenggara, hutan pegunungan di sulawesi, hutan campuran wilayah maluku terdapat jenis jenis rempah rempah antara lain pala, cengkeh, kayu manis kenari dan lontar.

4. Flora papua-(irian jaya).
    Papua (irian jaya) memiliki tipe hutan hujan tropis, berbeda dengan wilayah indonesia bagian barat vegetasi di wilayah ini memiliki corak  hutan hujan tropis tipe Australia utara dengan flora khas yaitu ekaliptus diwilayah pegunungan di tumbuhi vegetasi pegunungan tinggi sedangkan di wilayah pantai vegetasinya merupakan hutan bakau.


Persebaran fauna di indonesia.



1. Fauna indonesia ASIATIS.
    Wilayah fauna asiatis meliputi indonesia bagian barat yaitu pulau sumatra, jawa, bali, kalimantan dan pulau kecil lain yang ada di sekitarnya.
*Jenis hewannya terdiri dari :
Mamalia : gajah, badak bercula satu, tapir, rusa, banteng, kerbau, monyet, orang utan, bajing, beruang, kijang, kelelawar, babi hutan, kukang, lancil.
*Reptil : buaya, kura kura, kadal, tokek, ular, biawak, tokek.
*Burung : burung hantu, merak, elang, jalak, kutilang.
*Berbagai jenis serangga dan ikan air tawar.

2. Fauna indonesia ASIA-AUSTRALIS.
    Wilayah ini sering juga disebut wilayah indonesia bagian tengah atau fauna kepulauan wallacea. Wilayah ini terdiri dari pulau sulawesi, timor, kepulauan, nusa tenggara, dan kepulauan Maluku.
Jenis hewannya meliputi :
* mamalia : anoa, babi rusa, ikan duyung, kuskus, monyet hutan, beruang, kuda, sapi dan banteng.
* Reptilia : biawak, komodo, kura kura, ular dan buaya.
* amfibia : katak pohon, katak terbang dan katak air.
* Burung : burung dewata, mako, raja udang, rangkung, kakaktua, merpati, nuri.

3. Fauna indonesia AUSTRALIS.
     Fauna benua australis berbeda berbeda dengan benua lainnya di sini terdapat jenis fauna atau hewan yang di tempat lain telah musnah. Fauna australis bagian timur meliputi wilayah, irian jaya, papua dan pulau pulau lain di sekitarnya. Wilayah ini di batasi oleh garis weber.
Jenis hewannya meliputi :
* mamalia : kanguru, landak irian, beruang, kanguru pohon, kuskus dan juga kelelawar.
* reptilia : biawak, buaya, ular, kadal dan juga kura kura.
* amfibi : katak terbang, katak air, katak pohon.
* burung : kasuari, nuri, raja udang, cenderawasih.
* berbagai jenis serangga dan ikan.



Begitulah penjelasan atas persebaran flora dan fauna di indonesia yang saya sampaikan kepada teman teman semoga dengan membaca penjelasan tentang persebaran flora dan fauna di indonesia tadi dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi teman teman semua.
Sekian terimakasih.
    

Post a Comment for "Persebaran flora dan fauna di indonesia"